MENGENAL NARKOBA DAN BAHAYA PENYALAH GUNAANNYA

Sosialisasi Narkoba Dari TIM KAPOLRES SUMBAWA

MENGENAL NARKOBA DAN BAHAYA PENYALAH GUNAANNYA

Oleh : Lola Putri Kayanti (Kelas 9-1)

Ditengah maraknya isyu global tentang menggejalanya penyakit-penyakit sosial yang diakibatkan oleh derasnya arus transformasi global,indonesia sebagai salah satu bagian dari masyarakat dunia kini sedang menghadapi agenda besar yang mengancam masa depan kehidupan masyarakat dan negara. Paska perang terhadap teroris dikumandang oleh seluruh dunia , kini timbul lagi satu gejala yang bersifat global yang justru lebih membahayakan dibandingkan dengan teroris. Kasus HIV AIDS merupakan salah satu indikasi dari penyakit sosial yang diakibatkan oleh penyalah gunaan NARKOBA.

Perang terhadap NARKOBA kini sedang dikampanyekan bukan hanya oleh Indonesia tapi oleh seluruh negara didunia . Indonesia sebagai salah satu negara berkembang menjadi tempat dan jalur peredaran NARKOBA ,sehingga menjadikan indonesia sebagai jalur peredaran  NARKOBA   Ke seluruh Dunia. Oleh karena itu marilah kita membahas apasih NARKOBA ? dan bahaya apakah yang ditimbulkan akibat dari penyalah gunaannya.

NARKOBA berasal dari tiga penggalan kata yaitu NAR – KO – BA – . NAR berasal dari kata Narkotika, KO berasal dari kata Psikotropika, sedangkan BA berasal dari kata Bahan Adektif.

Narkotika (Narcotic) menurut UU. NO 22 THN. 1997 merupakan zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman,sintesis atau semi sintesis, yang dapat menurunkan atau merubah kesadaran, mengurangi atau bahkan sampai menghilangkan rasa nyeri.dan dapat menimbulkan ketergantungan.Adapun jenis dari Narkoba seperti : Ganja, Heroin, Cocain,Opium,Sedangkan yang dimaksud dengan Psikotropika dalam UU. No. 5 Tahun 1997 adalah  Zat atau obat alamiah maupun sintetis yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan berubahnya aktivitas mental dan prilaku. Salah satu contoh dari psikotropika adalah Sabu-sabu, extasy dan amfetamin.

Adapun yang dimaksud dengan bahan Adektif adalah bahan atau zat bukan narkotika maupun psikotropika yang dapat menimbulkan ketergantungan. Contohnya seperti Alkohol ( Minuman keras, Kafein (Kopi ), Nikotin (Rokok), Tinner,bensin,spritus (bahan yang mudah menguap). Bahan/zat adektif diatur UU, Peraturan pemerintah,KepMen dan peraturan daerah.

Ada 3 faktor penyebab dari penyalah gunaan NARKOBA baik yang terjadi dikalangan generasi muda maupun yang terjadi dikalangan generasi yang sudah mapan.

Pertama Yaitu Faktor Individu.

Faktor ini disebabkan oleh berbagai alasan seperti ingin coba-coba karena pengaruh pergaulan, sehingga faktor ini amat rentan dipengaruhi lingkungan dan orang dekat sekitarnya .Pribadi yang lemah dan menumpuknya masalah pada benak generasi kita sehingga menimbulkan tekanan mental bisa juga menjadi penyebab mereka akan mencari solusi sesat dengan mengkonsumsi narkoba sebagai jalan keluar.Selain itu pergaulan bebas yang trendy dikalangan generasi muda sehingga mereka takut tidak diterima dalam kelompoknya , ini hal yang sudah kerap kali terjadi sebagai akibat masuknya mereka dalam lingkaran pengkonsumsi NARKOBA  yang awalnya dari coba-coba akhirnya menjadi ketagihan.

Kedua yaitu Faktor Lingkungan

Yang lebih dominan pengaruhnya adalah lemahnya faktor lingkungan keluarga. Hubungan dalam keluarga yang kurang harmonis baik antara kedua orang tua atau antara anak dengan kedua orang tua sehingga tidak adanya komunikasi yang ideal antara orang tua dan anak.Rumah yang seharusnya menjadi syurga bagi anak-anak justru menjadi neraka sehingga anak lebih cenderung mencari solusi diluar rumah. Pengaruh lingkungan disini akan lebih berperan sehingga tidak menutup kemungkinan teman sepergaulan diluar rumah yang tidak bertanggung jawab akan menjerumuskan anak kepada hal-hal yang tidk kita inginkan.

Untuk mengetahui orang-orang disekitar kita kecanduan Narkoba atau tidak maka kita harus mengetahui ciri-ciri umum pengguna narkoba. Adapun ciri-ciri umumnya adalah Bicaranya suka ngawur, kalau berjalan sempoyongan, hidung beringusan, mata keluar air dan memerah, suka emosional walaupun dalam kondisi normal. Penampilan sehari-hari kumal dan wajah keriput, tidak punya norma dan tata krama. Apabila pengguna itu seorang pelajar maka akan kelihatan pada aktivitas belajar yang tidak bergairah bahkan sering melawan guru dan orang tua.

Itulah sekilas tentang narkoba serta bahaya penggunaannya yang harus kita diketahui, karena bahaya penggunaan narkoba akan menjadi penyakit sosial bukan hanya akan mengancam kehidupan bermasyarakat bahkan akan mengancam kehidupan negara.  ( Team )

Satu Balasan ke MENGENAL NARKOBA DAN BAHAYA PENYALAH GUNAANNYA

  1. wah ini bagus untuk di tanamkan pada siswa agar siswa tau akan bahaya menggunakan narkoba sehingga mereka bisa menjauhi narkoba dan kawan-kawannya

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s