PERMAINAN KARTU DOMINO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL

Oleh : Emmi Suhaemi S.Pd (Guru Matematika SMPN 1 Utan )

Matematika adalah cabang Ilmu Pengetahuan Alam yang mempunyai peranan sangat penting dalam perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Matematika juga dapat menjadikan siswa menjadi manusia yang dapat berfikir secara logis,kritis,rasional dan percaya diri. Tetapi matematika sering dikatakan sebagai pelajaran yang sulit dipahami dan sangat menakutkan, baik teori maupun konsep-konsep sehingga menyebabkan prestasi belajar matematika belum menunjukan hasil yang memuaskan. Hal ini dapat dilihat dari hasil ulangan harian, nilai tugas, nilai semester dan hasil Ujian Naisional yang belum sesuai dengan harapan guru dan siswa.

Dalam proses belajar mengajar diharapkan agar siswa mampu menguasai konsep dan memahami teori serta prinsip-prinsip penerapannya. Maka konsep-konsep yang menjadi dasar ilmu harus diberikan kepada siswa secara benar dan penekanannya pada kegiatan pengamatan secara langsung ditranferkan kepada orang lain. Mentransferkan konsep melalui informasi atau cermaah belum tentu menghasilkan konsep yang jelas secara keseluruhan malah mungkin akan menimbulkan salah konsep.untuk itu diperlukan interaksi mengajar yang baik antara guru dengan siswa dalam proses belajar mengajar.

Agar terjalin komunikasi dan interaksi yang baik antar guru dengan siswa, maka seorang guru harus memperhatikan kesiapan intelektual siswa serta pemilihan metode dan penggunaan media pembelajaran yang tepat dalam proses belajar mengajar. Dengan menggunakan media pembelajran dalam pengajaran matematika diharapkan dapat mempermudah siswa untuk menerima dan memahami matematika.

pengalaman dan pengamatan penulis sebagai guru matematika di SMP Negeri 1 Utan yang telah lama mengajar  khususnya pada kompetensi dasar 2.3 menyelesaikan persamaan linear satu variabel dengan mater  pokok persamaan linear satu variabel di kelas VII, dalam proses pembelajaran seringkali ditemui masalah-masalah sebagai berikut: Siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal persamaan linear satu variabel apalagi kalau sudah dikaitkan dengan soal cerita, soal semacam ini memuat kalimat sehari-hari yang perlu diolah terlebih dahulu kedalam model matematika. Di lain pihak siswa banyak mengandalkan rumus. Dan rumus oleh banyak siswa dianggap paling penting dalam matematika.  Pada saat proses belajar mengajar berlangsung sebagian besar siswa pasif dan jawaban selalu kompak. Selain itu Sebagaian besar siswa kurang memahami konsep dan sulit mengaitkan materi pelajaran dengan materi yang terkait sehingga nilai yang dicapai tidak memuaskan.

Keberhasilan siswa dalam belajar tergantung pada cara penyajian materi pembelajaran, media pembelajaran dan metode mengajar yang digunakan oleh guru pada proses belajar mengajar. Banyak macam media pembelajaran yang digunakan dalam menyajikan suatu materi pelajaran. Salah satu cara penyajian materi pelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar adalah dengan menggunakan media pembelajaran kartu domino..

Kartu adalah kertas tebal berukuran kecil dan biasanya berbentuk persegi panjang Domino jenis permainan kartu. Setiap kartu dibagi menjadi dua bidang dan setiap bidangnya berisi 0-6 titik.

Kartu domino adalah kertas tebal berukuran kecil yang digunakan untuk bermain dimana setiap kartu dibagi menjadi dua bidang setiap bidangnya berisi 0 – 6 titik.Sedangkan kartu domino yang dimaksudkan disini bukanlah kartu yang digunakan oleh orang untuk berjudi melainkan kartu yang dibuat bentuknya seperti  kartu domino sebagai media pembelajaran untuk menarik minat belajar siswa dalam belajar matematika khususnya materi  persamaan linear satu variable .

                kartu domino persamaan linear satu variable merupakan kertas tebal berukuran kecil yang digunakan untuk bermain dimana setiap kartu dibagi menjadi dua bidang . satu bidang di isi dengan titik atau angka 0 – 6 dan bidang yang lainya di isi dengan persamaan linear satu variable

Kartu domino merupakan suatu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk menarik minat siswa dalam pembelajaran matematika. Selain itu kartu domino juga digunakan untuk menghafal fakta dasar penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian serta digunakan untuk menghafal bangun-bangun geometri. Darhi (2001:314)

Pembelajaran menggunakan kartu domino ini dilatarbelakangi adanya strategi belajar yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif belajar, dengan cara merubah metode pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher oriented) menjadi berpusat pada siswa (student oriented).

Dalam pembelajaran matematika dengan mengunakan media pembelajaran kartu domino dirasakan akan lebih efektif dan berhasil daripada menggunakan metode ceramah/informasi terutama bagi siswa yang daya ingatnya kurang dalam belajar karena banyaknya materi yang harus diterima di sekolah, selain itu dengan menggunakan kartu domino ada keasyikan tersendiri dalam belajar sehingga siswa akan tertarik dan mudah untuk menerima, mengerti dan memahami pelajaran yang dipelajari.Dari pengalaman yang pernah penulis terapkan didalam kelas siswa merasa senang tanpa disadari bahwa mereka bermain tapi pada intinya mereka sedang belajar.

Contoh kartu domino persamaan linear satu variabel.

DMN

atau

dmnn

Bentuk permainan kartu domino persamaan linear satu variable tidak jauh berbeda dengan permainan kartu domino yang ditemui pada kehidupan sehari-hari. kartu domino yang harus disiapkan sebanyak 28 buah. Kartu domino ini dapat dibuat dari kertas duplikat atau kertas manila dengan ukuran 10cm x 5 cm , Perbedaan utamanya terletak pada noktah yang ada pada kartu-kartunya.pada domino biasa kedua bidangnya menggunakan noktah sedangkan pada domino persamaan linear satu variabel salah satu bidangnya menggunakan persamaan linear satu variabel. Aturan bermainnya tergantung kesepakatan pemain, dapat dimainkan oleh 2 – 4 siswa.dalam membuat  kartu domino persamaan linear satu variabel untuk mengisi bidang persamaan linear satu variabel   sebaiknya menggunakan table terlebih dahulu supaya mempermudahkan dalam menyusun kartu tersebut. Kegunaan adalah untuk melatih ketrampilan siswa dalam memahami materi persamaan linear satu variable dalam pembelajaran matematika.

Persamaan linear satu variabel adalah kalimat terbuka yang dihubungkan oleh tanda sama dengan ( = ) dan hanya mempunyai satu variabel berpangkat satu. Bentuk umum dari persamaan linear satu variabel adalah ax + b = 0 dimana       a 0

 Dengan menggunakan kartu domino siswa akan terlatih untuk menentukan hasil penyelesaian dari persamaan linear satu variabel. Pada saat anak-anak bermain dengan menggunakan kartu domino anak akan mengasah otaknya untuk berpifir berapa nilai x sebagai penganti agar persamaan itu bernilai benar. Oleh karena itu media pembelajaran kartu domino sangat menarik minat belajar anak dalam pembelajaran matematika khususnya materi persamaan linear satu variabel. Jika anak sering melakukan permainan dengan menggunakan kartu domino maka dengan sendirinya anak akan tahu dan senang belajar matematika dengan menggunakan kartu domino ada keasikan tersendiri dalam belajar sehingga siswa akan tertarik dan mudah menerima, mengerti dan memahami pelajaran yang dipelajari.

14 Balasan ke PERMAINAN KARTU DOMINO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL

  1. deli berkata:

    sumber validnya dari mana ya?

  2. ade berkata:

    gmn cara krja….na kakak
    mksih

  3. Lia Alyani berkata:

    ka kalau kartu domat ini bisa di padukan dengan model pembelajaran apa yah?

  4. rubby berkata:

    thanks

  5. siti asmuah berkata:

    aturan untuk membuat kartunya bgmn?
    antara kartu satu dg yg lain kn saling terkait…
    untuk satu persamaan harus disediakan brp jwbn benar???

  6. Ping balik: Nama Permainan Domino - Data pengeluaran togel SGP HK Sidney

  7. Ping balik: Permainan Dengan Kartu Domino Tts - Data pengeluaran togel SGP HK Sidney

  8. Ping balik: Permainan Kartu Kecil Dua Kotak - Data pengeluaran togel SGP HK Sidney

  9. Ping balik: Definisi Permainan Kartu Domino – bandar togel dan judi online

  10. Ping balik: Permainan Kartu Kuartet – bandar togel dan judi online

  11. Ping balik: Jenis Permainan Dengan Kartu Domino – bandar togel dan judi online

  12. Ngatini Kustyaningrum berkata:

    Thanks … sangat efisien. Saya pernah terapkan untuk materi perkalian di kelas 3 dan 4 MI. Saya akan coba juga materi PLSV ini.

  13. Ping balik: Permainan Kartu Untuk Pembelajaran | poker online domino qiu qiu

Tinggalkan komentar